Bekam Tuban : Waspada Kolestrol, Karena Ada Dampak Demikian



Bekam Tuban - Hati-hati kolestrol di tubuh kita, jadi harus waspada. Karena akan ada gejala gejala sebagai berikut. 

1. Mudah Lelah dan Ngantuk
Kondisi ini bisa terjadi oleh beberapa faktor di samping kolesterol tinggi, misalnya kurang tidur atau anemia. Lelah dan ngantuk berawal dari alirah darah yang tidak mengalir sempurna ke seluruh organ sehingga kinerja tubuh untuk melakukan aktivitas harian jadi terhambat.

2. Nyeri Otot Kaki dan Pegal-pegal
Penumpukan plak di arteri tungkai dan kaki dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, seperti Penyakit Arteri Perifer (PAD). Aktivitas fisik yang berat membuat kondisi ini kian menyakitkan. Bahkan pada kasus yang serius, nyeri otot kerap kali berulang di sela waktu tertentu. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah klaudikasio intermiten.

3. Sesak Napas
Plak di arteri jantung membuat pasokan darah yang membawa oksigen sistem pernapasan jadi berkurang. Akibatnya, kadar oksigen dalam tubuh menurun dan munculah gejala sesak napas.

4. Pelemakan Hati
Sebagai organ filter, hati menyaring segala toksin, termasuk lemak, dalam darah untuk dikeluarkan melalui urine. Namun, kadar lemak di atas normal menyebabkan fungsi hati terganggu. Dikutip dari beberapa sumber, laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, ketika hati dipenuhi lemak berkadar tinggi, timbul keluhan berupa rasa tidak nyaman, begah, dan mual. Keadaan tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit sirosis dan kanker hati.

5. Kuku Menebal
Tanda lain yang harus diwaspadai adalah penebalan kuku kaki akibat sirkulasi darah yang buruk karena penyempitan arteri. Perubahan tersebut membuat kuku kaki tumbuh lebih lambat, menebal, berubah bentuk, atau warna (kuku distrofi).

6. Disfungsi Ereksi atau Impoten
Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan seksual pun memengaruhi pria dengan kolesterol tinggi. Kondisinya dinamakan impotensi, yaitu keadaan di mana aliran darah ke penis tidak cukupi dan lambat laun menurunkan gairah seksual.

7. Berat Badan Naik Obesitas
Kolesterol yang dipengaruhi gaya hidup tidak sehat menyebabkan berat badan tidak terkontrol. Seiring waktu, hal ini mengindikasikan obesitas dan meningkatkan risiko diabetes.

8. Nyeri Pada Dada
Selain sesak napas, gejala pernapasan lain yang sering dialami pengidapnya adalah nyeri dada. Arteri yang tersumbat menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan sempurna ke jantung. Akibatnya, penerimaan oksigen akan berkurang dan kinerja organ vital lain menurun. Pengidapnya harus berwaspada karena ini merupakan salah satu gejala dari serangan jantung dan Penyakit Jantung Koroner (PJK).

9. Xanthoma
Xanthoma adalah gejala unik dari kolesterol yang biasanya muncul di atas kulit mana saja tubuh, termasuk mata, lutut, atau siku. Masalah kulit ini ditandai dengan benjolan-benjolan kecil mirip papula yang lembut dan berisi timbunan toksin.

10. Kesemutan
Kesemutan atau mati rasa umumnya terjadi bagian tubuh terhimpit karena postur duduk atau berdiri yang tidak benar. Sisi lain, trigliserida (lemak) dan kolesterol tinggi juga memicu kondisi ini. Pengidapnya akan sering merasa kesemutan di kaki dan tangan akibat aliran darah yang tidak bagus.

Selain faktor keturunan, kolesterol tinggi hampir seluruhnya berasal dari pola life style yang tidak sehat dan jarang berolahraga. Jadi, jika masyarakat kedapatan mengalami ciri orang kena kolesterol tinggi, segera lakukan penanganan dengan mengurangi makanan berlemak, manis, dan perbanyak konsumsi air putih. Maka Solosinya,  menganjurkan menggunakan bekam sesui anjuran Rosululloh. 

(Diolah dari berbgai sumber)

Bekam Tuban  Memberi solusi bekam rutin dalam sebulanya. 


Komentar

Postingan Populer