UNTUK YANG TERTUNDA MASUK HARAMAIN

Siapa yang tidak sedih saat impian tak terwujud.Menabung, meluangkan waktu, mengatur kerjaan semua telah di lakukan namun di akhir, impian masuk ke tanah suci untuk berumroh tertunda.

Kabar tidak bisa masuknya ke Masjidil Haram yang akhir-akhir ini cukup menggemparkan ternyata bukanlah kali pertama dalam sejarah.

Dulu ada  kurang lebih1400 jamaah yang hendak berumrah dari arah Madinah, namun di tolak untuk masuk.

Kapan?

Dibulan Dzulqo'dah tahun 6 Hijriah, rombongan itu dipimpin oleh kekasih Allah Rasulullah Shallahu alaihi wa Sallam, kejadian itu terkenal  dengan peristiwa perjanjian Hudaibiyah, Rasulullah dan sahabat di tolak masuk ke Mekkah untuk umroh.

Rasulullah dan Sahabat menunggu 6 tahun untuk umroh, berhari-hari mereka jalan menuju Mekkah, semangat mereka untuk umroh sudah menggebu-gebu, namun justru saat jarak ke Mekkah hanya 22 kilo meter, mereka harus putar balik ke Madinah, mereka gagal umroh!

Sakit? iya! namun apa yang terjadi setelah Hudaibiyah?

Dari kejadian itu kaum muslimin lebih leluasa untuk berdakwah lalu masuklah ribuan orang musyrikin ke dalam Islam, Islam semakin kuat, rombongan umroh tersebut di tahun-tahun berikutnya berubah menjadi jamaah haji.

Maha benar Allah dengan segala firmanNya,

( وَعَسَىٰۤ أَن تَكۡرَهُوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ خَیۡرࣱ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰۤ أَن تُحِبُّوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ شَرࣱّ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ یَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ)

Arti Surat :
"Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui"
(QS. Al Baqarah : 216)

DR. Syafiq Riza Basalamah

Komentar

Postingan Populer